Kamis, 09 Agustus 2007

SINGAPORE - MALAYSIA

BOGOR , Sabtu- 21 Juli 2007

Hitung-hitung merayakan Anniversary ke-10, yang mustinya jatuh pada tanggal 1 Maret...duuuh...lama nian ya.
Tulisan ini mudah-mudahan gak basi, Dah hampir 3 minggu lalu baru sempat nulis. Sekedar untuk sharing..pengalaman saja.

Jalan-jalan kali ini memang sudah direncanakan sudah beberapa bulan sebelumnya, tapi karena banyak hal (terutama meng-klop-kan dengan agenda swami tercintah deh ! ) sehingga tertunda terus .
Jadilah kami merancang waktu tanggal 21-24 Juli 2007 dengan ambil 2 hari off ngantor untuk mewujudkan rencana ini. Mumpung biayanya juga katanya lagi murah. Sesekali boleh kan, jalan hanya berdua aja tanpa anak-anak sekalian survey . InsyaAllah kalau ada rizki lagi dan anak-anak dah agak besar mulai ngerti dan bisa menikmati jalan-jalan kayak gini, kami pergi lagi sekeluarga.
Berbekal dari hasil hunting via internet dari beberapa pengalaman bloggers yang pernah pergi ke SING-MALAY (via Batam), mulailah kami melakukan perjalanan sendiri tanpa agen travel. Ternyata cukup mudah Kok !! Jadi jangan terlalu khawatir kalau mau mencoba sendiri..apalagi untuk yang pertama kali. Meng-asyik-an loh...serasa kayak cari jejak waktu pramuka SD dulu- sambil bawa-bawa peta dan referensi lainnya...
....Truss...apalagi ini judulnya dong (harap dibaca : "honey moon ke-2 .." ehm..ehm)

Berangkat :
Dari Bogor ke CKG naik Damri, sehabis taruh mobil di kantor PJJ trus naik angkot - Tadinya mau ambil Bis jam 4 pagi, ternyata baru saja kami turun angkot jam 3.30 sudah ada Bis yang melaju, buru-buru deh kami kejar Alhamdulillah tentengan kami cuma bawa masing-masing cuma 1 ransel kecil jadi diajak laripun ..Ayooo deh .

Sampai di Airport jam 4.45- langsung mencari tempat wudlu dan mushola untuk sholat Subuh..setelah itu ke counter Check-in. Ffuiih, jalur check-in kami bareng dengan yg flight ke Medan (mani pinuh pisan)..mana banyak yang bawa bagasi lagi. Alhamdulillah lagi Flight jam 6.45 (dengan maskapai Air Asia yang terkenal murah itu melalui Batam) jadi kami pikir masih cukup waktu biarpun antre panjang. Kapal delay kl 30 menit. Sambil nunggu kami sarapan roti dan sebotol air mineral trus datang seorang ibu muda yang sedang cari teman di perjalanan, ternyata dia akan dijemput adiknya di BATAM untuk bertolak ke SG juga.

HANG NADIM
Perjalanan kl ditempuh waktu 1 jam, sampai HANG NADIM jam 9.05 - langsung menuju money changer tuker RP ke SGD secukupnya (kurs saat itu 1 SGD=Rp.6.050 )trus, beli Ticket di Agen Ferry - kami pilih PENGUIN ( tapi nama kapalnya ISLAND JADE ?? ) - Mau ngejar WAVE MASTER khawatir gak ke kejar karena jam berangkatnya 9.30 (mengingat di Batam Center pasti kami harus ngurus FISKAL dulu),Harga Ticket 12 SGD one way.
Hari masih pagi, udara sejuk dan jalanan masih tampak basah karena sejak semalam sampai pagi turun hujan -Keluar Bandara Taxi sudah antre - tarif sama Rp. 70rb (jadi gak usah nawar lagi, juga gak pake Argo). Perjalanan ke Batam Center Kl 20 menit, jalan lenggang - sepi karena masih pagi ..Baru pertama menginjak kaki di BATAM kayaknya masih gersang ya, apalagi kalau udara panas mungkin makin kerasa .. melewati pabrik-pabrik, Perumahan , Bank INDONESIA tak terasa tibalah kami di Pelabuan BATAM CENTER. Oya kalau mau beli ticket Ferry atau tuker uang mendingan di HN saja, harganya lebih murah daripada di BC.

Di Batam Center,
JAM 9.30 WIB (hujan rintik-rintik..tapi asyik terasa adem banget, tapi di pelabuan sudah ramai..ternyata banyak juga yang mau ke Singapore dan Johor ). Setelah semua urusan selesai Segera Bayar FISKAL = Rp. 500rb/org, kemudian check-in ke counter Ferry dengan menyertakan Passport, setelah itu naik ke lt.1 dengan escalator menuju pemeriksaan imigrasi.
setelah semua urusan selesai dan siap2 menuju pemeriksaan imigrasi, kita akan membawa dokumen2 sebagai berikut :
  1. Ticket
  2. Boarding Pass
  3. Kartu Imigrasi Indonesia (warna hijau, diisi agen ferry)
  4. Kartu Imigrasi Singapore (warna merah, diisi agen ferry)
  5. Kuitansi Fiskal (untuk yang wajib bayar fiskal)
  6. Karcis pajak pelabuhan
  7. Tas Bagasi (untuk barang besar ada biayanya)

Duduklah di ruang Tunggu sampai ada pengumuman keberangkatan, 10 menit kemudian barulah kita menuju kapal.